Minggu 6: Kiat Sukses Menjadi Mahasiswa Berprestasi

 27 Oktober 2020

Bismillahirrohmanirrahiim,



      Pada webminar ini, bertujuan untuk meningkatkan motivasi sekaligus sebagai pengantar bagi mahasiswa baru, agar mengetahui kiat-kiat yang harus dipersiapkan, sehingga dapat sukses meraih prestasi baik akademik maupun non akademik.


      Dewi Laras Lestari (Co-Founder Startup Ruang Kreasi sekaligus Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam 2016) mengatakan, penting bagi mahasiswa khususnya mahasiswa baru untuk memiliki tujuan untuk masa depan, sehingga hal tersebut dapat memotivasi diri untuk terus berusaha mencapai tujuan.

 

      Dia juga menyatakan bahwa mahasiswa harus punya tujuan untuk mengatur strategi pada masa mendatang. Segala kesempatan yang ada harus dimanfaatkan sebaik-baiknya, jangan sampai menyesal ketika sudah berada di semester akhir, tetapi tidak memiliki apapun. Manajemen waktu dan memperluas wawasan, merupakan kunci dalam meraih kesuksesan. Kedua hal tersebut yang menentukan bagaimana kesuksesan dapat diraih. Selain itu, hal tersebut juga dapat membentuk karakter dalam diri, sehingga siap untuk ikut terjun dalam dunia di luar kampus.

      Menurut Dewi, waktu adalah kesempatan, jadi bagilah waktu sebaik mungkin. Jangan sampai terlena dengan kemalasan ataupun terdistraksi oleh hal lainnya. Memperluas wawasan sama pentingnya, hal tersebut dapat dilakukan dengan aktif mengikuti organisasi atau komunitas sebagai wadah dari passion yang dimiliki.

 

      Bazlin Fadilah (Juara satu Debat Bahasa Inggris Student Cooperative Fair Malang 2019 sekaligus Mahasiswa Jurusan Kesejahteraan Sosial) mengatakan, pengalaman dan memiliki prestasi merupakan hal yang sangat dilihat di masyarakat. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengikuti organisasi maupun komunitas agar dapat meningkatkan pengembangan dalam diri.

 

      Organisasi dan komunitas merupakan salah satu wadah yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan personal growth. Hal tersebut juga dapat memberikan nilai plus untuk rencana masa depan, sekaligus membantu kita untuk berproses dalam mengasah diri dengan tantangan dan menjadi kompetitif, sehingga prestasi dapat diraih.

 

      Dia juga mengatakan bahwa Mahasiswa yang meluangkan waktu dan energi, merupakan hal yang sepadan dengan hasilnya. Hal tersebut merupakan kesempatan yang juga dapat menjadi batu loncatan untuk berkembang menuju tingakatan yang lebih tinggi. Selalu tanamkan dalam diri bahwa di balik banyaknya kegagalan, sesekali pasti ada yang berhasil.

 Selesai

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Minggu 21 : St. Agustinus, Negara Tuhan & Kehidupan Biarawan

Minggu 7: Muhammadiyah atau NU?

Minggu 1: Norma Kesopanan

Minggu 19: Rasial, Klasifikasi Varian Manusia yang Kerap Berujung Diskriminatif

Minggu 28: Stigma Suku Betawi

Minggu 14: Minum Alkohol Tidak Mabuk, Boleh?

Minggu 10: Banyaknya Tugas Daring Pelajar Bunuh Diri

Minggu 12: Krisis Penjaga Gawang Demokrasi: Gibran dan Sang Partai Pengusung

Minggu 22 : Dosa Asal Manusia

Minggu 8: Pentas Seni atau Pentas Unjuk Gigi?