Minggu 9: Chechnya, Negara Federasi Muslim Rusia

16 November 2020


 

Republik Chechnya

Sumber Gambar: Wikipedia

Bismillahirrahminarrahiim,

Chechnya atau Republik Chechnya adalah sebuah negara republik otonom di Federasi Rusia yang terletak di Kaukasus Utara, sebagian di Eropa Timur, dan dikelilingi hampir di semua sisi oleh negara Federasi Rusia. Di sebelah barat berbatasan dengan Ingushetia dan Ossetia, di timur dengan Republik Dagestan, di sebelah utara dengan Stavropol’ Kay, dan sebelah selatan dengan negara Georgia. Total luas wilayah negara Chechnya adalah 17.300km2, jika dibandingkan dengan wilayah di Indonesia maka sedikit lebih luas dari provinsi Sulawesi Utara.

Sistem pemerintahan Republik Chechnya adalah Parlementer dan dipimpin oleh seorang presiden yang dilantik oleh Presiden  Federasi Rusia, karena wilayahnya adalah bagian Federasi Rusia. Chechnya memiliki populasi sebesar 1.436.981/jiwa pada tahun 2018. Kepercayaan di Chechnya 95% adalah Islam dan sebagiannya adalah Kristen Orthodoks.

Ibukota Republik Chechnya adalah Grozny. Kota yang sempat dijuluki sebagai ‘Kota Paling Hancur di Planet Ini’ karena dampak dari peperangan di negara ini. Sumber pendapatan ekonomi negara ini berasal dari Migas.

Penduduk asli dari wilayah Chechnya, berasal dari bangsa Cecen Ingus yang terkenal gigih mempertahankan tanah mereka melawan invasi bangsa yang menyerang wilayahnya, seperti invasi Bangsa Mongol pada abad ke-13 dan ke-14, invasi dari Kekaisaran Ottoman (Kesultanan Utsmaniyah) dan Kekaisaran Persia (Kesultanan Safawi) antara abad ke-15 dan ke-16. Sekitar abad ke-17, persaingan antara 2 kekaisaran yang memperebutkan kekuasaan di daerah Kaukasus, yaitu Kekaisaran Persia dan Kekaisaran Rusia. Pada abad ke-19, wilayah Chechnya diambil sebagai wilayah Kekaisaran Rusia. Sekitar 80% bangsa Cecen Ingus yang menduduki daerah tersebut, terpaksa meninggalkan wilayahnya dan pergi ke Timur Tengah.

Tahun 1918, saat kaum Bolshevik menguasai Kekaisaran Rusia, Chechnya dijadikan sebagai bagian dari wilayah Uni Soviet sampai keruntuhannya pada tahun 1998. Tahun 1999, terjadi peperangan antara pemerintahan Federal Rusia dengan Militan Chechnya karena menginginkan kemerdekaan.

Republik Checnya memiliki fakta yang menarik, antara lain:

      ·         Tidak ada yang menjual rokok.

·         Tidak ada yang menjual minuman beralkohol, bahkan di hotel.

·         Memiliki jumlah masjid terbanyak di Federal Rusia.

·         Memiliki masjid terbesar di Eropa (Prophet Mohammed Mosque).

(Najib Jayakarta)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Minggu 21 : St. Agustinus, Negara Tuhan & Kehidupan Biarawan

Minggu 7: Muhammadiyah atau NU?

Minggu 1: Norma Kesopanan

Minggu 19: Rasial, Klasifikasi Varian Manusia yang Kerap Berujung Diskriminatif

Minggu 28: Stigma Suku Betawi

Minggu 14: Minum Alkohol Tidak Mabuk, Boleh?

Minggu 10: Banyaknya Tugas Daring Pelajar Bunuh Diri

Minggu 12: Krisis Penjaga Gawang Demokrasi: Gibran dan Sang Partai Pengusung

Minggu 22 : Dosa Asal Manusia

Minggu 8: Pentas Seni atau Pentas Unjuk Gigi?